Selasa, 26 Oktober 2010

Empat Status Gunung Berapi

Ft.Di ambil dari Barat GUnung Merapi Hari ini
Status Gunung Merapi sejak kemarin telah dibangkitkan dari siaga ke waspada. Status ini ditingkatkan bila ada pembengkakan di puncak Merapi yang terus meningkat empat kali. Frekuensi guguran material juga meningkat dari sekitar 100 kali per hari (sebelum Oktober 21) untuk 183-194 kali per hari (24 Oktober). Data dicatat pada alat seismograf Investigasi dan Pusat Pengembangan kegunungapian (BPPK) pada tanggal 22 Oktober tercatat 52 gempa vulkanik.
Gunung Merapi Gunung dianggap aktif. gunung berapi aktif dapat berubah menjadi separuh aktif, istirahat, sebelum akhirnya menjadi tidak aktif atau mati. Namun gunung berapi bisa istirahat dalam waktu 610 tahun sebelum menjadi aktif lagi. Dengan demikian, sulit untuk menentukan situasi nyata daripada gunung berapi itu, jika gunung berapi berada dalam keadaan istirahat atau sudah mati.
Ada empat status gunung berapi aktif. Keempat makna.
Status PERHATIAN
Arti:Gunung meletus 1.Menandakan segera atau bersikap kritis atau ada keadaan yang menyebabkan bencana.2.Letusan pembukaan dimulai dengan abu dan asap.3.Letusan mungkin terjadi dalam waktu 24 jam.
Tindakan:1.Wilayah merekomendasikan bahwa bahaya mengancam untuk dikosongkan.2.Koordinasi dilakukan pada setiap hariFull 3.Piket
Status ALERT
Arti:1.Menandakan gunung berapi yang bergerak ke arah letusan atau bencana.2.Peningkatan aktivitas seismik intensif.3.Semua data menunjukkan bahwa aktivitas dengan cepat dapat menyebabkan ledakan atau mengarah pada keadaan yang dapat menyebabkan bencana.4.Jika trend peningkatan berlanjut, letusan dapat terjadi dalam waktu 2 minggu.
Tindakan:1.Sosialisasi di daerah terancam2.Penyiapan fasilitas daruratHarian 3.KoordinasiFull 4.Piket
Status ALERT
1.Ada kegiatan apapun.2.Terdapat peningkatan aktivitas di atas tingkat normal.3.Peningkatan seismik aktivitas dan acara vulkanik lainnya.4.Sedikit perubahan aktivitas yang disebabkan oleh aktivitas magma, tektonik dan hidrotermal.
Tindakan:1.Penyuluhan/sosialisasi.2.Penilaian bahaya.3.Pengecekan fasilitas.4.Pelaksanaan piket terbatas.
Status NORMAL
Arti:1.Tidak ada gejala aktivitas tekanan magma2.Level dasar kegiatan
Tindakan:1.Pengamatan rutin.2.Survei dan investigasi

1 komentar:

KELUARAN TOGEL

Blogroll