Selasa, 26 Oktober 2010

Penjudi : Portologi Sosial Dan Rehabilitasi

Add caption


Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak bisa lepas dari norma-norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. Jika semua anggota masyarakat mematuhi norma-norma dan aturan, masyarakat akan menjadi damai, aman, dan damai. Namun pada kenyataannya, mayoritas anggota masyarakat adalah melakukan pelanggaran norma-norma dan aturan. Pelanggaran norma-norma dan aturan yang berlaku di masyarakat dikenal sebagai penyimpangan sosial atau istilah yang sering digunakan dalam psikologi adalah perspektif patologi sosial (patologi sosial). Karena ini penyimpangan sosial, mengangkat masalah kehidupan masyarakat, yang selanjutnya dikenal sebagai penyakit sosial.
Sosial Peyimpangan dari kelompok orang atau individu akan menghasilkan masalah sosial, menurut Kartini (2003) insiden itu terjadi karena interaksi sosial antara individu, individu dengan kelompok, dan antar kelompok. Interaksi sosial berkisar pada ukuran tradisi, kebiasaan dan ideologi yang ditandai dengan proses sosial yang diasosiatif-eksistensi perilaku menyimpang mereka untuk lembaga-lembaga sosial masyarakat. Perbedaan antara unsur-unsur budaya masyarakat dapat membahayakan kelompok sosial kondisi ini menyiratkan ikatan sosial disfungsional.
Jika peristiwa ini terus terjadi dalam masyarakat, perjudian, dan perkelahian antara siswa mabuk akan virus mengganggu kehidupan masyarakat. Masyarakat akan menjadi gelisah dan merasa damai. Misalkan virus menyerang tubuh kita, tubuh kita secara alami akan merasa sakit. Demikian pula, orang-orang yang menyerang virus, tentu saja orang akan merasa sakit. Rasa sakit orang-orang ini bisa dalam bentuk kegelisahan atau kurangnya masyarakat tenteraman keidupanan. Oleh karena itu, perjudian, dan perkelahian antara siswa mabuk dikategorikan sebagai penyakit masyarakat atau penyakit sosial. penyakit-penyakit sosial adalah tindakan atau perilaku bertentangan dengan norma-norma yang baik, stabilitas lokal, pola kesederhanaan, moral, properti, solidaritas nasional, disiplin, kebaikan dan hukum formal.
Sebenarnya bukan hanya penyakit sosial perjudian, perkelahian antara mahasiswa dan mabuk saja. Masih banyak perilaku masyarakat yang bisa disebut virus penyebab penyakit sosial, seperti: alkoholisme, penyalahgunaan narkoba, prostitusi, dan mungkin perilaku banyak orang lebih yang dapat menyebabkan kerusuhan dan mengganggu keteraman masyarakat.
Faktor apa yang menyebabkan munculnya berbagai penyakit masyarakat seperti!? Sosiolog menyatakan bahwa penyakit sosial yang timbul karena pelanggaran yang dilakukan oleh orang atau sekelompok orang terhadap norma-norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat. Pelanggaran norma-norma dan aturan masyarakat yang kemudian dikenal dengan penyimpangan sosial.
Beberapa fenomena perilaku perjudian, sebagai salah satu penyakit sosial masyarakat yang akan dipecah dan diharapkan untuk berkontribusi secara konstruktif dalam larutan akan disajikan dalam makalah ini, antara lain: Pertama, menjelaskan motif individumelakukan judi dengan studi psikologi, Kedua, perjudian sebagai diasosiatif yang menyebabkan penyakit sosial masyarakat, dan upaya pendekatan ketiga untuk menyelesaikan dan merehabilitasi penyakit sosial perjudian.
SASTRA Review
Motif Studi Perjudian Psikolgi
Pada awal teks prolog, penulis mengutip salah satu ayat dalam Al Qur'an Surat Al-Baqarah [2]: 219 bahwa itu benar-benar tidak memberikan manfaat yang serius untuk menyakiti perjudian-perjudian tetapi tidak akan memberikan manfaat bagi masyarakat. Individu yang melakukan tindakan perjudian didorong motif untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin (maximitation utilitas) untuk kesejahteraan mereka. Harapan itu kemudian membuatnya melakukan spekulasi dengan cara destruktif menghalalkan segala cara apapun.
Merasakan kemenangan ketika berhasil menuai keuntungan membuat eskalasi kegembiraan (euforia) sangat tinggi dan mendorong keinginan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dari faktor-faktor sebagai pemicu (driven) yang dapat merusak. Simak saja perilaku penjudi, semua saham akan yang dianggap sebagai harta yang didiserahkan tempat perjudian. Urutan perilaku ini akan berpengaruh pada tindakan yang menyimpang lainnya (perilaku disfungtional), tidak lagi mematuhi sosial lembaga-norma, nilai, hukum dan positif sehingga akan menyebabkan virus ini di masyarakat, jika tidak diselesaikan dalam secara komprehensif, baik persuasif dan Pencegahan itu akan menyebabkan penyakit sosial masyarakat.
penyakit sosial akan sulit untuk "mengobati" yang menetap saat perilaku didukung telah dilakukan oleh beberapa orang pada generasi sebelumnya masih dipertahankan terus menerus, seperti adu ayam dan perilaku serupa di mana ada unsur judi. Ada juga pemahaman yang keliru oleh sebagian orang bahwa perilaku yang cenderung berbau judi dianggap sebagai (kesediaan untuk berkontribusi kepada orang lain) permainan dan filantropi tetapi jelas menggambarkan model modifikasi dari perjudian.
Perjudian perilaku menjadi bahan kajian lebih maju mengingat fakta bahwa perilaku sangat sulit untuk memberantas. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ditinjau dari perspektif psikologi dan apakah perilaku berjudi dapat dianggap sebagai perilaku menyimpang (patologis). Perjudian di satu sisi sangat terkait dengan dunia bawah hidup kita (Underworld), tapi di sisi lain dilegalisir (disahkan dunia), dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari dunia rekreasi dan hiburan. keberanian untuk mengambil risiko dan ketahanan untuk menghadapi ketidakpastian dalam dunia perjudian dan bisnis adalah dua elemen yang merasakan hal yang sama, meskipun dalam konteks yang sangat berbeda. Oleh karena itu, dalam masyarakat tertentu perjudian tidak dianggap sebagai perilaku menyimpang yang dapat menimbulkan masalah moral dalam komunitas. Berlawanan dengan pendapat populer, DSM-IV yang dikeluarkan oleh American Psychiatric Association (APA) dikutip Papu (2002) mengatakan bahwa perilaku berjudi dapat dianggap sebagai gangguan kejiwaaan termasuk dalam Impulse Control Disorders, jika perilaku telah diklasifikasikan sebagai perjudian kompulsif . Hal ini didasarkan pada kriteria perilaku yang cenderung dilakukan berulang kali tanpa bisa dikendalikan, adalah tertanam (diselesaikan) dan sulit untuk meninggalkan.
Judi (judi) dalam kamus Webster didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang melibatkan elemen risiko. Risiko didefinisikan sebagai kemungkinan kerugian. Sementara Carson dan Butcher (1992) dalam buku Abnormal Psikologi dan Modern Life, mendefinisikan perjudian sebagai taruhan pada permainan atau kejadian tertentu dengan harapan memperoleh hasil atau keuntungan. Apa yang dipertaruhkan hanya dapat berupa uang, barang berharga, makanan, dan lain-lain yang dianggap memiliki nilai tinggi dalam sebuah komunitas.
Definisi serupa dikemukakan oleh Stephen Lea, et al (1987) dalam The Individu dalam Ekonomi, A Textbook Ekonomi Psikologi, seperti dikutip oleh Papu (2002). Mereka berpikir perjudian adalah suatu kondisi dimana terdapat potensi kehilangan sesuatu yang berharga atau apa pun yang mengandung risiko. Namun, tindakan mengambil risiko dalam perilaku berjudi, perlu pemahaman harus dibedakan dari tindakan lain yang juga mengandung risiko. Ketiga unsur di bawah ini mungkin merupakan faktor yang membedakan perilaku berjudi dengan perilaku lain yang juga membawa risiko:
a. Judi adalah kegiatan sosial yang melibatkan sejumlah uang (atau sesuatu yang berharga) dimana pemenang mendapatkan uang dan keuntungan lain yang dianggap berharga.
b. Risiko yang diambil bergantung pada kejadian di masa depan, dengan hasil yang tidak diketahui, dan banyak ditentukan oleh hal-hal yang secara kebetulan / keberuntungan.
c. mengambil Risiko bukanlah sesuatu yang harus dilakukan; kekalahan / kerugian dapat dihindari dengan tidak mengambil bagian dalam permainan judi.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa perjudian adalah perilaku yang melibatkan risiko kehilangan sesuatu yang berharga dan melibatkan interaksi sosial dan ada unsur kebebasan untuk memilih apakah akan mengambil risiko kehilangan atau tidak.
Patologis Perjudian Dalam Perilaku Sosial
Untuk memahami apakah perilaku berjudi termasuk dalam perilaku yang patologis, diperlukan suatu pemahaman tentang tingkat atau tingkat penjudi ini. Penting untuk diingat bahwa perilaku berjudi termasuk dalam kategori perilaku yang memiliki kesamaan dengan pola perilaku kecanduan. Menurut Papu (2002), pada dasarnya ada tiga tingkatan atau tipe penjudi, yaitu:
 Penjudi Sosial
Para penjudi tingkat pertama adalah penjudi yang jatuh ke dalam kategori "normal" atau sering disebut penjudi sosial, sesekali penjudi yang datang untuk membeli undian (tiket undian), bertaruh di balap kuda, taruhan pada permainan bola, permainan kartu atau yang lain . Penjudi jenis ini umumnya tidak memiliki efek negatif pada diri dan masyarakat, karena mereka umumnya masih bisa mengendalikan dorongan dalam diri sendiri. Perjudian untuk kali mereka dianggap sebagai pengisi atau hiburan saja dan tidak mempertaruhkan sebagian besar pendapatan mereka ke perjudian. Keterlibatan mereka dalam perjudian sering karena mereka ingin bersosialisasi dengan teman atau keluarga. Di negara-negara bahwa praktek perjudian dilegalisir dan masyarakat terbuka untuk sebuah studi seperti Amerika Serikat, jumlah populasi penjudi tingkat pertama diperkirakan lebih dari 90% dari orang dewasa.
 Masalah Penjudi
Tingkat kedua disebut penjudi penjudi "bermasalah" atau masalah penjudi, perilaku perjudian yang dapat menyebabkan gangguan terhadap pribadi, kehidupan keluarga dan karir, meskipun tidak ada indikasi bahwa mereka mengalami gangguan kejiwaan (National Council on Problem Gambling USA, 1997). Para penjudi jenis ini seringkali melakukan perjudian sebagai cara untuk melarikan diri dari masalah kehidupan. penjudi Masalah sebenarnya sangat potensial untuk masuk ke tingkat tertinggi penjudi yang disebut penjudi patologis jika tidak segera dikenali dan mengambil tindakan atas permasalahan nyata di tangan. Menurut penelitian Shaffer, Hall, dan Vanderbilt (1999) yang dimuat dalam situs Harvard Medical School adalah 3,9% dari orang dewasa di Amerika Utara termasuk dalam kategori penjudi tingkat kedua dan 5% dari jumlah tersebut akhirnya menjadi penjudi patologis.
Patologis  Penjudi
Tingkat ketiga disebut penjudi penjudi "patologi" atau penjudi patologis atau penjudi kompulsif. Ciri-ciri penjudi tipe ini adalah ketidakmampuannya untuk melepaskan diri dari impuls untuk berjudi. Mereka begitu terobsesi dengan perjudian dan akan terus meningkatkan frekuensi berjudi dan jumlah taruhan, tanpa bisa mempertimbangkan konsekuensi negatif yang disebabkan oleh perilaku ini, baik untuk dirinya sendiri, keluarga, karir, hubungan sosial atau lingkungan sekitarnya. American Psychiatric Association atau APA mendefinisikan karakteristik perjudian patologis sebagai berikut: "Fitur penting dari judi patologis adalah kerugian terus-menerus atau berkala terhadap kontrol atas perjudian; kemajuan, dalam perjudian frekuensi dan jumlah yang dipertaruhkan, dalam keasyikan dengan perjudian dan di mendapatkan uang dengan yang untuk Gamble, dan kelanjutan dari perjudian keterlibatan meskipun konsekuensi yang merugikan. "
Meskipun pola perilaku berjudi ini tidak melibatkan ketergantungan terhadap zat kimia tertentu, tetapi menurut para ahli, perjudian perilaku yang telah masuk dalam tahap ketiga dapat digolongkan sebagai sifat perilaku kecanduan (gangguan adiktif). DSM-IV (Diagnostik dan Statistik Manual Mental Disorders edisi-keempat) yang dikeluarkan oleh APA menggolongkan perjudian patologis menjadi gangguan mental yang disebut Impulse Control Disorder. Menurut DSM-IV diperkirakan sebesar 1% - 3% dari populasi orang dewasa mengalami gangguan ini. Individu yang didiagnosa dengan jenis gangguan perilaku yang sering diidentifikasi sebagai sangat kompetitif, sangat memerlukan persetujuan atau pendapat orang lain dan rentan terhadap bentuk-bentuk lain dari perilaku kecanduan. Individu yang sudah masuk kategori penjudi patologis sering disertai dengan masalah kesehatan dan emosional. Masalah-masalah seperti kecanduan obat (obat), alkoholisme, penyakit saluran pencernaan dan pernafasan, depresi, atau masalah yang berkaitan dengan fungsi seksual (Pasternak dan Fleming, 1999).
Kriteria individu yang dapat digolongkan sebagai penjudi patologis menurut DSM-IV Screen (alat yang digunakan untuk mengukur tingkat penjudi) adalah jika individu menunjukkan 5 (lima) faktor atau lebih dari faktor-faktor berikut:
Keasyikan terobsesi dengan perjudian (misalnya sangat terobsesi untuk mengulangi pengalaman perjudian yang pernah dirasakan di masa lalu, sulit untuk mengalihkan perhatian mereka pada hal-hal lain selain perjudian, atau sungguh-sungguh untuk memikirkan cara-cara untuk mendapatkan uang melalui perjudian)
Toleransi Kebutuhan untuk berjudi dengan kecenderungan meningkatkan jumlah uang (kontrak) untuk mencapai kenikmatan / kepuasan yang diinginkan
Penarikan Menjadi mudah gelisah dan mudah tersinggung setiap kali mencoba berhenti judi
Membuat Escape perjudian sebagai cara untuk melarikan diri dari masalah hidup atau perasaan yang tidak menyenangkan (misalnya perasaan bersalah, tak berdaya, kecemasan, depresi, sedih)
Chasing Setelah kalah berjudi, perjudian cenderung untuk kembali lagi untuk mengejar kemenangan dalam rangka untuk mendapatkan titik impas
Berbohong Berbohong kepada anggota keluarga, konselor atau terapis, atau orang lain tentang keterlibatan dirinya dalam perjudian
Kehilangan kontrol selalu gagal dalam upaya untuk mengontrol, mengurangi atau menghentikan perilaku berjudi
Kisah ilegal yang terlibat dalam tindakan melanggar hukum, seperti penipuan, pencurian, pemalsuan, dll, dalam rangka mendukung biaya finansial untuk berjudi
mempertaruhkan hubungan yang signifikan Mengancam atau menyebabkan kerusakan pada hubungan persahabatan dengan orang-orang yang sangat terlibat dalam kehidupan, kehilangan pekerjaan, putus sekolah atau keluarga menjadi berantakan, atau menjadi peluang karier hilang
lain Bailout Mengandalkan untuk memberi uang kepada dia atau keluarganya dalam rangka mengurangi beban keuangan yang disebabkan oleh judi


Perjudian Perilaku Dalam Penyakit Sosial
Perjudian merupakan salah satu bentuk penyakit sosial. Judi sudah ada di bumi ini selama ribuan tahun yang lalu. Dalam drama itu kadang kita tanpa sadar telah melakukan tindakan yang mengandung unsur perjudian dalam skala kecil. Sebagai contoh, dalam bermain kelereng, melempar dadu, bermain kartu, dan seterusnya siapa yang menang akan mendapatkan hadiah tertentu, yang kalah akan memberikan atau melakukan sesuatu sesuai dengan perjanjian. Semua ini menunjukkan bahwa terdapat unsur-unsur dalam permainan adalah judi. Ada sesuatu yang dipertaruhkan dalam permainan.
Judi adalah penyakit sosial yang sangat buruk. Kemenangan yang dihasilkan dari perjudian tidak akan berlangsung lama akan mengakibatkan penghancuran karakter individu dan akan merusak hidupnya. Banyak telah melaporkan bahwa pemenang fakta perjudian tidak selalu memiiki kehidupan yang sejahtera, sebagian besar dalam kemiskinan sangat parah dan berpengalaman alianasi (lketerasingan) dari keluarga dan masyarakat. Hidup harus diperoleh dan dinikmati oleh keluarga bisa berubah menjadi keburukan. Memang benar ketika Allah dalam al surat al-Quran-Maidah [5] :90-91 menfirmankan bahwa perjudian adalah perilaku setan, jika tidak dihindari maka akan menyebabkan permusuhan dan kebencian. Konflik yang dihasilkan akan merusak keharmonisan keluarga, dan masyarakat hidup akhirnya bermakna sebagai seorang hamba Allah tidak dapat diperoleh.
Kreativitas memodifikasi perjudian dapat dilihat di banyak tempat, jenis perjudian adalah semua jenis yang secara sembunyi-sembunyi sampai yang terbuka. Yang sembunyi-sembunyi misalnya Togel (gelap totohan), perkelahian ayam, kartu permainan dengan taruhan uang. Sementara perjudian terbuka, untuk kuis misalnya dengan SMS dengan sejumlah hadiah uang atau barang dilakukan oleh berbagai media cetak dan elektronik.
Tindakan perjudian adalah perilaku yang melanggar aturan, nilai, dan norma yang ada dalam masyarakat. Pelanggaran ini tidak hanya dalam adat istiadat dan kebiasaan masyarakat, tetapi juga melanggar aturan hukum. Bagi individu atau kelompok yang berjudi, maka akan dikenakan sanksi baik oleh masyarakat atau bentuk sanksi hukum. Komunitas sanksi seperti dikucilkan oleh masyarakat, dipergunjingkan, tidak dihargai dan sebagainya. Sementara perjudian hukum adalah pelanggaran hukum positif sebagai termaktuk dalam pasal 303 KUHP dengan selama-lamanya dua tahun delapan bulan (2 tahun 8 bulan) atau denda paling banyak banyknya dari Rp600.000, -
Karena penyakit sosial masyarakat, perlu untuk menghilangkan mereka kerjasama terintegtasi dan konstruktif antara berbagai komponen baik masyarakat, aparat penegak hukum, dan pemerintah, sebagai hasil penelitian yang dilakukan oleh Rahadiyan (2009) dan Kantor Penelitian dan Pembangunan di Bandung (2005) menyimpulkan penelitian mereka kebutuhan yang dilakukan dalam kerjasama dengan berbagai pihak terkait dengan upaya pencegahan preventif, represif dan persuasif. Dibutuhkan sosialisasi besar-besaran untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat dengan pendekatan pemimpin lokal agama.
Upaya Kontrol Sosial untuk Mencegah dan Merehabilitasi Patologi Sosial
kontrol sosial adalah upaya atau cara di mana masyarakat untuk menertibkan anggotanya masyarakat yang menyimpang, melanggar, atau memberontak terhadap, aturan nilai dan norma. Pengendalian dilakukan untuk mencegah munculnya penyimpangan sosial dan penyakit sosial. Kontrol sosial dilakukan untuk orang yang bersedia untuk mematuhi aturan dan norma. Selain itu, kontrol sosial yang dimaksudkan untuk menjamin bermsayarakat harmoni, menciptakan keteraturan dalam kehidupan, memperingatkan para pelaku untuk tidak berperilaku menyimpang dan bertentangan dengan, nilai-nilai norma dan aturan.
Jadi, bagaimana kontrol sosial, bagaimana bentuk kontrol sosial dan apa lembaga bisa berperan dalam kontrol sosial dan rehabilitasi patologi sosial? Untuk dapat menjawab pertanyaan itu, lihat uraian berikut. Setidaknya ada empat cara kontrol sosial, yaitu persuasif, koersif, menciptakan situasi yang dapat mengubah sikap dan perilaku, dan pengiriman nilai dan aturan norma berulang kali.
a. Persuasif
Cara ini dilakukan dengan penekanan pada pembinaan usaha atau mengambil bentuk nasihat. Misalnya, mengatur PKL (pedagang kaki lima) untuk pindah ke lokasi yang telah tertentun disiapkan.
b. Paksaan
Jika telah mengambil langkah setelah langkah telah dibuat persuasif. Jika saran, persuasi tidak bekerja, tindakan dengan kekerasan dapat dilakukan. Contoh layanan polisi sipil, membongkar paksa warung (termpat penjualan) sesuai dengan PKL yang sering masyarakat informasi dialkukan dari perjudian. Polisi memeriksa tempat-tempat yang diduga melakukan praktek perjudian, menangkap bandar judi Togel dan sabung ayam untuk ditangani kemudian diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. Seperti tindakan, yang bertujuan untuk pelaku menerapi untuk sanksi ketika perilaku menyimpang merasa bahwa ada efek jera yang dirasakan, diharapkan oleh pelaku akan menyadari efek.
c. Penciptaan Situasi yang Dapat Mengubah Sikap dan Perilaku (kompulsif)
kontrol sosial adalah sangat tepat bila dilakukan dengan menciptakan situasi dan kondisi yang dapat mengubah sikap dan perilaku. Sebagai contoh, ketika para penjudi tidak berjudi sabung ayam tanpa memperhatikan peraturan pemerintah, pemerintah, penegak hukum (polisi), dan oleh para pemimpin agama untuk memberikan sosialisasi banding-banding suatu bentuk intensif implikasi negatif kehidupa individu dan keluarga, melalui efektif media seperti radio atau tempat efektif (misalnya balai desa, tempat ibadah, atau penghuni rumah pergi).
d. Penyampaian Nilai, Norma dan Aturan Dengan Berfulang-ulang (vervasi).
Sosial kontrol juga dapat dilakukan dengan pengiriman nilai, norma, aturan berulang kali. Penyampaian inii dapat menjadi cara untuk dibuatkannya board kuliah dan informasi tentang aturan, nilai dan norma. Dengan cara ini, diharapkan nilai-nilai, norma dan aturan yang dipahami dan tertanam dalam individu anggota masyarakat.
Metode lain yang dapat dilakukakan, untuk mengendalikan dan mencegah penyakit atau penyimpangan sosial, maka bentuk-bentuk kontrol sosial dapat dilakukan dengan cara; menolak perilaku seperti itu, teguran, pendidikan, agama, pengucilan, dan meminta orang lain untuk menanganinya.
Menolak. Seseorang yang melanggar nilai-nilai, norma dan aturan telah cemoohan atau ejekan masyarakat, sehingga ia merasa malu, malu, dan akhirnya meninggalkan perilaku. Teguran. Orang yang melanggar nilai-nilai, norma dan aturan diberi teguran, nasihat untuk menahan diri dari tindakan yang melanggar nilai-nilai, norma dan aturan.
Pendidikan. Melalui pendidikan, individu akan belajar nilai-nilai, norma dan aturan yang berlaku. Dengan demikian ia dipimpin dan dibimbing untuk berperilaku sesuai dengan, nilai-nilai norma dan aturan yang berlaku. Pendidikan ini dapat dilakukan di komunitas lingkungan keluarga, atau sekolah.
Agama. Agama memiliki peran yang sangat besar dalam kontrol sosial. Orang yang memiliki iman akan memahami bahwa melanggar nilai-nilai, norma dan aturan selain hukuman di dunia juga ada hukuman di akhirat. Dengan pengertian ini maka, individu akan dikendalikan untuk tidak melanggar nilai-nilai, norma dan aturan yang berlaku.
Menurut Papu (2002) menyikapi perilaku berjudi dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan:
1. Mengingat bahwa judi sangat sulit diberantas, maka hal pertama yang perlu diambil untuk melindungi anggota keluarga untuk tidak terlibat dalam perjudian adalah melalui penanaman nilai-nilai luhur pada awal keluarga, sebagai komunitas terkecil di masyarakat. Ketika orang tua dapat menanamkan nilai-nilai yang baik pada anak-anak pada usia dini maka si anak akan memiliki kontrol diri dan kontrol sosial yang kuat dalam hidupnya, sehingga untuk memilih alternatif terbaik yang berguna untuk dirinya sendiri dan masyarakat sekitarnya. Nilai Investasi tidak hanya dengan kata-kata tetapi juga lebih penting melalui contoh dari orang tua.
2. Mengingat pula bahwa perilaku berjudi sangat erat kaitannya dengan pola pikir seseorang dalam memilih alternatif, penting bagi orangtua, pendidik dan ulama untuk mengajarkan pola pikir rasional. pola pikir rasional yang saya maksudkan adalah mengajarkan seseorang untuk melihat sesuatu dari sisi yang berbeda, sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak alternatif yang ditawarkan. Dengan memiliki kemampuan untuk berpikir rasional seseorang tidak akan mudah untuk mengambil jalan pintas.
3. Bagi anda yang merasa itu sangat sulit untuk meninggalkan perilaku berjudi, Anda tidak perlu ragu untuk meminta bantuan profesional dari orang-orang seperti psikiater, psikolog, konselor atau terapis. Bekerja dengan mereka untuk melepaskan diri dari masalah judi.
4. Jika tidak memiliki kontrol diri yang tinggi maka Anda tidak pernah mencoba untuk berjudi, bahkan jika itu hanya tingkat pertama perilaku perjudian. Jangan juga menjadikan judi sebagai pelarian dari masalah anda kehidupan sehari-hari. Jika Anda memiliki masalah meminta bantuan dari orang-orang profesional, tidak pergi ke tempat-tempat perjudian.
5. Memperkuat iman pada Tuhan dan memperbanyak kegiatan yang bersifat keagamaan. Dengan meningkatkan iman dan selalu mengingat ajaran agama, sesuai dengan keyakinan masing-masing maka kemungkinan untuk terlibat dalam perjudian kompulsif akan semakin kecil.

KESIMPULAN

perilaku Perjudian jelas bertentangan dengan norma-norma, nilai-nilai dan hukum berasal dari hukum agama dan positif yang berlaku di Indonesia. Motif berjudi benar-benar terobsesi dengan adanya insentif ekonomi bagi pelaku diharapkan dapat memperoleh banyak keuntungan kemudian dengan perilaku judi tercetuslah yang, bila dianggap sebagai kecanduan kemudian berubah menjadi kompulsif. Dari uraian tersebut, dapat dberikan kesimpulan, bahwa:
Pertama, individu-individu yang melakukan tindakan perjudian didorong motif untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin (maximitation utilitas) untuk kesejahteraan mereka. Urutan perilaku ini akan berpengaruh pada tindakan yang menyimpang lainnya (perilaku disfungtional), tidak lagi mematuhi lembaga-lembaga sosial-norma, nilai, dan hukum positif sehingga akan menyebabkan virus di masyarakat. Untuk studi psikologi sosial, perjudian perilaku dapat dianggap sebagai gangguan kejiwaaan yang termasuk dalam Impulse Control Disorders mana perilaku tersebut cenderung untuk melakukannya besar dan intens dan permanen di alam dan sulit untuk mengontrol ketergantungan pada perjudian dapat dikategorikan sebagai kecanduan kompulsif .
Kedua, judi adalah penyakit sosial yang memiliki implikasi besar bagi lingkungan sosial masyarakat. Kemenangan tersebut diperoleh dari perjudian tidak akan berlangsung lama akan mengakibatkan penghancuran karakter individu dan kehidupan. Banyak telah melaporkan bahwa pemenang fakta perjudian tidak selalu memiiki kehidupan yang sejahtera, sebagian besar dalam kemiskinan sangat parah dan berpengalaman alianasi (lketerasingan) dari keluarga dan masyarakat. Hidup harus diperoleh dan dinikmati oleh keluarga bisa berubah menjadi keburukan. Memang benar ketika Allah dalam al surat al-Quran-Maidah [5] :90-91 menfirmankan bahwa perjudian adalah perilaku setan, jika tidak dihindari maka akan menyebabkan permusuhan dan kebencian.
Ketiga, karena membangkitkan buruk kita perlu rencana strategis antara komponen, baik instansi pemerintah, aparat penegak hukum, dan tokoh masyarakat untuk selalu berusaha untuk menghilangkan perilaku perjudian dan berbagai perjudian media dengan berbagai tindakan. Tindakan yang diambil harus menyentuh akar masalah, dengan melakukan penelitian yang komrehensif akan memberikan gambaran holistik masalah dan bagaimana untuk mencegahnya. Ada beberapa alternatif produktif dalam mengendalikan perilaku perjudian dan merehabilitasi mereka. Tetapi langkah kecil tetapi dapat memberikan kontribusi yang sangat besar adalah untuk memberikan pendidikan dan pemahaman dari orang tua untuk anak-anak dan didukung dengan pemahaman yang baik tentang agama akan menjadi kekebalan yang kuat untuk menangkal penyakit yang dianggap judi sebagai patologi sosial.

SMS PERJUDIAN


Di balik image mereka yang gemerlap saat manggung atau ketika nongol di teve, kehidupan artis AFI sangat memprihatinkan.

Banyak di antara mereka yang hidup terlilit utang ratusan juta rupiah. Pasalnya, orang tua mereka ngutang ke sana-sini buat menggenjot sms putera-puteri mereka. Bisa dipastikan tidak ada satu pun kemenanganAFI itu yang berasal dari pilihan publik. Kemenangan mereka ditentukan seberapa besar orang tua mereka sanggup menghabiskan uang untuk sms. Orang tua Alfin dan Bojes abis 1 M. Namun mereka orang kaya, biarin aja.


Yang kasian mah, yang kaga punya duit. Fibri (AFI 2005) yang tereliminasi di minggu-minggu awal kini punya utang 250 juta. Dia sekarang hidup di sebuah kos sederhana di depan Indosiar. Kosnya emang sedikit mahal RP 500..000. Namun itu dipilih karena pertimbangan hemat ongkos transportasi. Kos itu sederhana (m asih bagusan kos gw gitu loh), bahkan kamar mandi pun di luar. Makannya sekali sehari.

Makan dua kali sehari sudah mewah buat Fibri. Kaga ada dugem and kehidupan glamor, lha makan aja susah.

Ada banyak yang seperti Fibri. Sebut saja intan, Nana, Yuke, Eki, dll.

Mereka teikat kontrak ekslusif dengan manajemen Indosiar. Jadi, kaga bisa cari job di luar Indosiar. Bayaran di Indonesiar sangat kecil. Lagian pembagian job manggung sangat tidak adil. Beberapa artis AFI seperti Jovita dan Pasya kebanjiran job, sementara yang lain kaga dapat/jarang dapat job. Maklum artisnya sudah kebanyakan. Makanya buat makan aja mereka susah. Temen gw malah sering dijadiin tempat buat minjem duit. Minjemnya bahkan cuma Rp 100.000. Buat makan gitu loh. Mereka ga berani minjem banyak karena takut ga bisa bayar.

Ini benar-benar proyek yang tidak manusiawi. Para orang tua dan anak Indonesia dijanjikan ketenaran dan kekayaan lewat sebuah ajang adu bakat di televisi.
Mereka dikontrak ekslusif selama dua tahun oleh Indosiar. Namun tidak ada jaminan hidup sama sekali. Mereka hanya dibayar kalo ada manggung. Itu pun kecil sekali, dan tidak menentu. Buruh pabrik yang gajinya Rp 900.000 jauh lebih sejahtera daripada mereka.

Nah acara ini dan acara sejenis m asih banyak, Pildacil juga begitu. Kasian orang tua dan anak yang rela antre berjam-jam untuk sebuah penipuan seperti ini. Seorang anak pernah menangis tersedu-sedu saat tidak lolos dalam audisi AFI. Padahal dia beruntung. Kalau dia sampai masuk, bisa dibayangkan betapa dia akan membuat orang tuanya punya utang yang melilit pinggang, yang tidak akan terbayar sampai kontraknya habis. mungkin ada yang tertarik buat ngangkat cerita itu ke media anda? Gw punya nomer kontak mereka. Gaya hidup mereka yang kontras dengan image publik kayanya menarik untuk diangkat. Ini juga penting agar anak-anak dan orang tua di Indonesia kaga tertipu lebih banyak lagi.

JUDI SMS MENGILAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

Tiap stasiun televisi di Indonesia mempunyai acara kontes-kontesan. Tengok saja misalnya AFI, Indonesian Idol, Penghuni Terakhir, KDI, Putri Cantrik, dsb. Sejatinya, tujuan dari acara ini bukan mencari bibit penyanyi terbaik. Acara ini hanya sebagai kedok. Bisnis sebenarnya adalah SMS premium.

Bisnis ini sangat menggiurkan, lagi pula aman dari jeratan hukum -- setidaknya sampai saat ini.
Mari kita hitung. Satu kali kirim SMS biayanya --anggaplah- - Rp 2000. Uang dua ribu rupiah ini sekitar 60% untuk penyelenggara SMS Center (Satelindo, Telkomsel, dsb). Sisanya yang 40% untuk "bandar" (penyelenggara) SMS. Siapa saja bisa jadi bandar, asal punya modal untuk sewa server yang terhubung ke Internet nonstop 24 jam per hari dan membuat program aplikasinya. Jika dari satu SMS ini "bandar" mendapat 40% (artinya sekitar Rp 800), maka jika yang mengirimkan sebanyak 5% saja dari total penduduk Indonesia (Coba anda hitung, dari 100 orang kawan anda, berapa yang punya handphone?

Saya yakin lebih dari 40%), maka bandar ini bisa meraup uang sebanyak Rp 80.000.000.000 (baca: Delapan puluh milyar rupiah). Jika hadiah yang diiming-imingkan adalah ? rumah senilai 1 milyar, itu artinya bandar hanya perlu menyisihkan 1,25% dari keuntungan yang diraupnya sebagai "biaya promosi"! Dan ingat, satu orang biasanya tidak mengirimkan SMS hanya sekali. Masyarakat diminta mengirimkan SMS sebanyak-banyaknya agar jagoannya tidak tersisih, dan "siapa tahu" mendapat hadiah. Kata "siapa tahu" adalah untung-untungan, yang mempertaruhkan pulsa handphone. Pulsa ini dibeli pakai uang. Artinya : Kuis SMS adalah 100% judi.

Begitu menggiurkannya bisnis ini, sampai-sampai Nutrisari membuat iklan yang saya pikir menyesatkan. Pemirsa televisi diminta menebak, "buka" atau "sahur", lalu jawabannya dikirim via SMS. Ada embel-embel gratis. Ada kata, "dapatkan handphone... " Saya bilang ini menyesatkan, karena pemirsa televisi bisa menyangka :
"Dengan mengirimkan SMS ke nomor sekian yang gratis (toll free), saya bisa mendapat handphone gratis". Kondisi ini sudah sangat menyedihkan. Bahkan sangat gawat. Lebih parah daripada zaman Porkas atau SDSB. Jika dulu, orang untuk bisa berjudi harus mendatangi agen, jika dulu zaman jahiliyah orang berjudi dengan anak panah, sekarang orang bisa berjudi, hanya dengan beberapa ketukan jari di pesawat handphone!

Tolong bantu sebarkan kampanye anti judi SMS ini. Tanpa bantuan anda, kampanye ini akan meredup dan sia-sia belaka. Semoga berita ini dapat mencelikan kita semua agar jangan mau lagi dijadikan alat & membantu perjudian modern ala era Informasi saat ini.

10 Kasino Termegah Di dunia

Add caption
Add caption
Add caption


Add caption

Add caption



Add caption


Crown Casino adalah sebuah kompleks kasino dan hiburan di Southbank, Melbourne, Victoria. Bangunan terletak di tepi Sungai Yarra dan di seberang sungai ada dikeluarkan di CBD Melbourne Aquarium.Crown Casino adalah hotel, banyak butik dan restoran, food court dan bioskop. Casino sendiri tidak langsung terbuka tapi tertutup, sehingga Crown Casino juga merupakan tempat hiburan bagi keluarga dan anak-anak kecil. Di luar, menghadap Sungai Yarra, terdapat beberapa monumen, yang memberikan malam api pada jam-jam tertentu
Kota 9.Sun Resort Casino, Afrika Selatan
Sangat mudah untuk melihat mengapa Sun City, yang dianggap sebagai kasino termegah di Afrika Selatan. Dikembangkan oleh raja hotel Sol Kerzner sebagai bagian dari Sun International Property Group, Sun City Resort Casino yang tidak hanya menampilkan dekorasi menakjubkan dan daerah dari perjudian besar, tetapi juga kasino di dunia, resoran tertinggi, sekitar 35 restoran.
Casino 8.Atlantis Resort-Bahama
Jika Anda mencari tempat untuk bisa bermain seperti di surga, tidak ada pilihan jauh lebih baik dari kasino ini. tetapi ada banyak hal yang harus dilakukan daripada hanya bermain di kasino, karena ada juga taman air, akuarium dan juga habitat lumba-lumba
7. The Venetian, Las Vegas
tidak berpikir bahwa Venice hanya di Italia, kasino di Las Vegas dibangun seperti Venesia di Italia loh Gan. dengan biaya sebesar $ 1,5 miliar.
6. Bellagio Las Vegas
kasino itu Steve Wynn, MGM Mirage sifat dibangun. kasino ini merupakan icon Las Vegas dengan luas delapan hektar, danau buatan di depan kasino diperindah lagi dengan air mancur bahwa tarian dan musik yang telah disinkronisasi. Kasino dari tur Danau Como di Bellagio Italia terinspirasi.
Macau Makau 5.Wynn
Wynn Macau adalah sebuah kasino yang sangat luar biasa di Asia, dekorasi kasino, yang menggabungkan unsur-unsur Asia dan Barat indah di dalamnya yang terlihat di gedung kasino ini
4. Casino Baden-Baden, Jerman
Anda tidak dapat menemukan sebuah kasino yang lebih tua dari kasino, Casino selama sekitar 250 tahun yang lalu dan telah ditutup selama 61 tahun (1872-1933). Legenda mengatakan bahwa chip yang digunakan emas dan perak nyata pertama. Formal memakai diperlukan di kasino ini, disebutkan setelah arsitektur spektakuler di kasino ini. agan pasti bisa memahami mengapa perlu untuk memakai pakaian formal di kasino ini.
3. Caesars Palace Las Vegas
segala sesuatu tentang hotel ini adalah keindahan yang paling indah. Kasino tampak bersejarah, mengesankan dan ikon. Kasino dibuka pada tahun 1966 dan telah beberapa kali berpindah tangan, yang saat ini salah satu Harrah's Entertainment. Hotel pengembang Jay Sarno memutuskan untuk menyebutnya Caesars Palace karena dia pikir nama yang akan membawa keuntungan besar. terinspirasi oleh Julius Caesar, ia ingin penonton merasa seperti seorang raja, seperti Julius Caesar.
2. Casino de Genting, Malaysia
Hiburan sektor bahkan lebih mengesankan daripada kasino itu sendiri. Hotel ini terletak 6.000 meter di atas permukaan laut, Casino de Genting, rumah dari 29 restoran dan taman rekreasi yang pusat perbelanjaan, supermarket, pusat barang, makanan pengadilan, Ripley's Believe It or Not, juga! Museum, skydiving simulator turbin angin, roller coaster dan Splash Pool Hutan Hujan. Ada juga Cineplex, bowling dan golf pada saat ini. Tak heran mengapa tempat ini memiliki lebih dari 13.000 orang!1. Monte Carlo / MonacoMonte Carlo tidak hanya salah satu tempat judi yang paling terkenal di dunia, tapi juga merupakan daya tarik wisata. Dibangun pada pertengahan 1800-an dan dirancang oleh arsitek Charles Garnier, dekorasi Monte Carlo baik di dalam maupun di luar untuk membuat pengunjung merasa di rumah.

Vidio SAbung Ayam

Sabung ayam

Sabung ayam adalah permainan ayam di 1 arena kontes detik. Biasanya ayam dalam perlombaan sampai satu kabur atau hilang. Bahkan sampai mati. Permainan ini biasanya diikuti dengan perjudian yang berlangsung tidak jauh dari arena ayam.

Ayam permainan melawan juga disebut melawan ayam. Game ini telah dimainkan sejak kerajaan Demak. Dalam satu cerita rakyat, seorang pangeran bermain ayam sabung dan bertemu ayahnya yang telah meninggalkan ibunya.




Empat Status Gunung Berapi

Ft.Di ambil dari Barat GUnung Merapi Hari ini
Status Gunung Merapi sejak kemarin telah dibangkitkan dari siaga ke waspada. Status ini ditingkatkan bila ada pembengkakan di puncak Merapi yang terus meningkat empat kali. Frekuensi guguran material juga meningkat dari sekitar 100 kali per hari (sebelum Oktober 21) untuk 183-194 kali per hari (24 Oktober). Data dicatat pada alat seismograf Investigasi dan Pusat Pengembangan kegunungapian (BPPK) pada tanggal 22 Oktober tercatat 52 gempa vulkanik.
Gunung Merapi Gunung dianggap aktif. gunung berapi aktif dapat berubah menjadi separuh aktif, istirahat, sebelum akhirnya menjadi tidak aktif atau mati. Namun gunung berapi bisa istirahat dalam waktu 610 tahun sebelum menjadi aktif lagi. Dengan demikian, sulit untuk menentukan situasi nyata daripada gunung berapi itu, jika gunung berapi berada dalam keadaan istirahat atau sudah mati.
Ada empat status gunung berapi aktif. Keempat makna.
Status PERHATIAN
Arti:Gunung meletus 1.Menandakan segera atau bersikap kritis atau ada keadaan yang menyebabkan bencana.2.Letusan pembukaan dimulai dengan abu dan asap.3.Letusan mungkin terjadi dalam waktu 24 jam.
Tindakan:1.Wilayah merekomendasikan bahwa bahaya mengancam untuk dikosongkan.2.Koordinasi dilakukan pada setiap hariFull 3.Piket
Status ALERT
Arti:1.Menandakan gunung berapi yang bergerak ke arah letusan atau bencana.2.Peningkatan aktivitas seismik intensif.3.Semua data menunjukkan bahwa aktivitas dengan cepat dapat menyebabkan ledakan atau mengarah pada keadaan yang dapat menyebabkan bencana.4.Jika trend peningkatan berlanjut, letusan dapat terjadi dalam waktu 2 minggu.
Tindakan:1.Sosialisasi di daerah terancam2.Penyiapan fasilitas daruratHarian 3.KoordinasiFull 4.Piket
Status ALERT
1.Ada kegiatan apapun.2.Terdapat peningkatan aktivitas di atas tingkat normal.3.Peningkatan seismik aktivitas dan acara vulkanik lainnya.4.Sedikit perubahan aktivitas yang disebabkan oleh aktivitas magma, tektonik dan hidrotermal.
Tindakan:1.Penyuluhan/sosialisasi.2.Penilaian bahaya.3.Pengecekan fasilitas.4.Pelaksanaan piket terbatas.
Status NORMAL
Arti:1.Tidak ada gejala aktivitas tekanan magma2.Level dasar kegiatan
Tindakan:1.Pengamatan rutin.2.Survei dan investigasi

Cara merawat Burung Murai Batu ( How to treat Murai Batu Bird )

Pemilihan bakalan (Bahan), Perawatan Harian, Perawatan Pra Lomba, Lomba dan Pasca Perawatan Perawatan Mabung untuk Burung Murai Batu.

Burung Murai Batu merupakan salah satu kicau burung terbaik cerdas (dari keluarga Turdidae), yang banyak penggemar. Merawat burung Murai Batu sangat mudah dan menyenangkan. Jenis-jenis burung dan asal batu burung Murai Murai Batu secara luas dikenal di Indonesia, Medan Burung Murai Batu, Burung Murai Batu Aceh, Burung Murai Batu Lampung, Murai Batu Burung Lahat, Murai Batu Burung Murai Batu Burung Jambi dan Kalimantan (Borneo ). Suara Burung Murai Batu sangat merdu dan bervariasi. Murai Batu burung burung adalah salah satu penyanyi terbaik di dunia.

KARAKTER DASAR BURUNG BATU MURAI

      1.Mudah beradaptasi, burung ini sangat mudah untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

   

    2.  Para petarung mudah marah. Ketika Murai Batu burung mendengar atau melihat burung-burung serupa, semangat tempur langsung mengamuk.

  

    3.  Birahi yang cenderung mudah naik. Burung ini sangat mudah naik nafsu, menyebabkan banyak yang bisa membuat keinginan yang meningkat pada burung spesies ini. Stelan EF (Extra Fooding) selesai, pengeringan yang berlebihan atau melihat burung Murai batu betina, cepat dapat meningkatkan tingkat nafsu.

  

     4. Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.


PEMILIHAN BATU Sebuah Murai BURUNG BAIK
(KARAKTERISTIK BURUNG Murai DARI BATU KATURANGGAN BAIK)


 Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau pergi ke burung Murai Batu

    *
      sifat laki-laki berkelamin dua Murai Batu burung jantan dapat dilihat warna bulu hitam dan sangat kontras mengkilap dan memiliki ekor lebih panjang daripada burung Murai batu betina.

    *
      Paruh bentuk, Anda harus memilih bentuk setengah lebar batang, tebal, besar dan panjang. Bagian bawah harus lurus. Jangan pilih material yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.

    *
      Kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot. Hal ini menunjukkan burung-burung ini memiliki mental yang baik tempur.
    *
      postur tubuh, pilihlah bahan yang berpostur sedang leher panjang, tubuh dan ekor dan kaki untuk mencocokkan. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
    *
      Sayap dan kaki yang mencengkeram erat terselip, sehat kuat, menunjukkan materi. Warna kaki tidak mempengaruhi mental burung.
    *
      Lincah dan nafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri mentalitas yang baik.
    *

      Ekor panjang yang sesuai dengan postur tubuh. Pilih bentuk ekor sedikit fleksibel.
    *
      leher panjang berisi padat. Tunjukkan burung ini akan mengeluarkan kekuatan suara maksimal.

MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG Murai BATU

    *

      Voer (kami sarankan Anda memilih tingkat protein adalah sebagai berikut:. 12% -18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Murai Batu Voer harus selalu tersedia dalam cepuknya Voer Selalu ganti dengan yang baru. setiap dua hari.
    *

      EF (Extra Fooding), makanan tambahan ini sangat baik untuk burung Murai Batu yaitu: Cricket, Orong-orong, Kroto, Worms, Worm Hong Kong, ulat bambu, kelabang, belalang dan lain-lain. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter masing-masing burung dan juga perlu mengetahui dengan pasti dampak dari klausa EF hadiah.

BURUNG CARE DAN BATU Stelan Murai HARIAN
 Murai Batu Perawatan harian untuk burung relatif sama dengan jenis lainnya dari unggas kicau, kunci sukses adalah perawatan rutin harian dan konsisten.

 Pola berikut Perawatan harian dan Stelan Harian untuk burung Murai Batu:

      1.07.00 soda burung di teras. Pukul 07.30 bak mandi burung (mandi atau semprot kandang, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
 .
     2.Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan Voer dan Air Minum.
  

    3.  Berikan Cricket 4 ekor pada tabung EF. Jangan pernah memberikan langsung Cricket pada burung.
.

      4.Pengeringan dapat dilakukan selama 1-2 jam / hari mulai pukul 8:00-11:00. Selama pengeringan, burung tidak akan melihat jenis burung.
   
     5. Setelah kering, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu dikerodong kandang.
  
    6. Selama hari sampai sore hari (jam 10:00-15:00) burung dapat menjadi Master atau Master dengan suara burung Master.
 
     7. 15:30 jam burung datang diteras kembali soda, bisa dimandikan bila perlu.
  
     8. Berikan Cricket 2 ekor pada tabung EF.
.
      9. jam 18:00 dan burung-burung kembali dikerodong perdengarkan suara Master selama reses sampai pagi.


 PENTING

    *
      Kroto segar diberikan 1 sendok makan maksimum 2x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi dan Kamis pagi.
    *
      Memberikan Worms ekor diberikan 1x seminggu. Misalnya setiap hari Selasa pagi.
    *
      Pengumbaran di kandang umbaran dapat 4 jam per hari selama 4 hari seminggu.

    *
      Berikan multivitamin dicampur dalam air minum hanya sekali seminggu.


 
BATU PENANGANAN OVER JIKA BURUNG NAFSU MURAI

    *
      Salah satu ciri burung yang terlalu nafsu Murai Batu (lebih dari nafsu), antara lain: agresif, bulu mengkorok, nglowo (sayap bawah) dan kandang ornamen mematuk.

    *
      Cricket Tanaman bagian menjadi 3 pagi dan 2:00

    *
      Apakah kondensasi (5:30-6:00 jam)

    *
      Berikan Cacing 2 ekor 2x seminggu

    *
      Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya, di awal sore dan malam hari

    *
      Pengeringan durasi dikurangi menjadi 30 menit / hari
    *

      Waktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama

 
JIKA PENANGANAN kondisi DROP BATU BURUNG Murai

    *
      Meningkatkan porsi jangkrik menjadi 5 pagi dan 05:00

    *
      Peningkatan porsi Kroto menjadi 3x seminggu

    *
      Berikan lipan 2 ekor seminggu sekali

    *
      Mandi dibuat 2 hari saja
    *

      Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung lainnya sebelumnya Murai Batu
    *

      Lama pengeringan meningkat menjadi 2-3 jam / hari

BURUNG CARE DAN BATU Stelan Murai UNTUK KOMPETISI

  Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Pemeliharaan tujuan pada tahap ini adalah untuk mempersiapkan burung untuk memiliki tingkat keinginan yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci kesuksesan adalah untuk mengetahui perawatan yang baik ras karakter dasar dari setiap burung.


Pola berikut Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Murai Batu:

  

   1.   H-3 sebelum perlombaan, jangkrik dapat ditingkatkan sampai 5 pagi dan 4 sore ekor ekor.



    2.  H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit.


    3.    1 jam sebelum gantang ras, mandi dan memberikan burung di bagian ekor dan Ulat Hongkong Cricket 3-5 6-15 ekor.

   
     4. Jika burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 2 ekor lagi.


PENTING


      Sebaliknya, mulai H-6 burung diisolasi. Jangan sampai untuk melihat dan mendengar suara burung lain Murai Batu.
      Membuat mandi malam (19:00-20:00 jam) pada H-1.


 
BURUNG CARE DAN SETWLAN BATU MURAI  RACE POST

 

Perawatan pasca-ras sebenarnya mengembalikan fungsi untuk mengembalikan stamina dan kondisi fisik burung.

 Pola berikut Perawatan dan Stelan pasca-lomba untuk burung Murai Batu:

      1.Porsi EF dikembalikan ke Stelan Harian.

   
      2.Berikan multivitamin dalam air minum pada H +1 setelah kontes.

  
     3. Sampai H +3 setelah kompetisi, maksimal 30 menit pengeringan.


 
BURUNG MURAI CARE DAN BATU meranggas Stelan

Rontok (molting) atau rambut rontok adalah siklus alami dari keluarga burung. Perawatan burung selama rontok adalah hal yang sangat penting, karena jika perlakuan yang salah pada saat ini akan membuat burung menjadi rusak. Selama rontok ini, metabolisme tubuh burung meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu, burung memerlukan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi yang lebih besar daripada kondisi normal. Hindari membawa semacam burung dengan burung, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. Dampak dari hal ini adalah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.

 Mengikuti pola meranggas Ilmu Keperawatan

    1.   Tempatkan burung di tempat yang tenang, jauh dari lalu lintas manusia. Kami merekomendasikan burung yang lebih dalam kondisi dikerodong.

.    2. Mandi cukup 1x seminggu dan jemur maksimal 30 menit / hari.
     3.Pemberian porsi EF diberikan lebih karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan rambut baru. Misalnya: Stelan Jangkrik dibuat 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, Kroto 1 sendok makan setiap pagi, Worms 2 ekor 3 kali seminggu dan Ulat Hongkong 3 ekor setiap pagi.
  4. Menyediakan multivitamin berkualitas yang dicampur dalam air minum 2x seminggu.
  5.Apakah pemasteran. periode rontok untuk membuat burung lebih saat istirahat dan mendengarkan. Ini adalah waktu untuk mengisi variasi suara sesuai dengan apa yang kita inginkan. Apakah pemasteran benar, menyesuaikan karakter suara dan jenis burung dengan suara burung master.

 
MASTER BAIK UNTUK BATU Murai SUARA BURUNG

  Irama lagu yang burung memegang peranan yang sangat penting dalam penilaian lomba burung berkicau. Sejak kembali ke filosofi burung kicau, daya tarik utama adalah kemampuan burung kicau berkicaunya (irama lagu).

 Memilih suara master kami untuk andalan burung tidak harus berfokus hanya suara memilih dan menguasai suara yang unik baik.

 Sangat banyak metode dan cara-cara yang dapat dilakukan dalam proses kicau burung pemasteran. Dan juga banyak mengembangkan mitos palsu dalam praktek di lapangan. Salah satu mitos aneh yang berkembang, burung itu akan berada di master master harus melihat burung-burung, untuk burung gaya master meniru suara burung dan bagaimana untuk menguasai mulut terbuka. mitos lainnya adalah bahwa proses itu harus menunggu kicau burung burung pemasteran dalam keadaan berpakaian atau rambut rontok.

Sebenarnya, Pemasteran bisa kita lakukan tidak harus menunggu burung berkicau dalam keadaan rontok atau rontok. Kicauan burung dalam keadaan normal, bahkan dalam bentuk pemasteran atas lagi yang bisa dilakukan. Ada mitos yang mengatakan burung pemasteran harus menunggu untuk rontok burung.

 Alasannya adalah karena; Pada saat mabung, burung kicau cenderung banyak diam dan sangat jarang menyanyi. Burung kebanyakan diam selama mabung, cenderung menggunakan lebih banyak waktu untuk mendengarkan dan proses suara yang ada di sekitarnya. Jika suara sesuai dengan karakter khas suaranya, maka akan dicatat dan ditiru.

Kunci keberhasilan dalam memaster burung (pemasteran kicau burung) adalah burung memaster dengan suara dari master (Master burung), yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar dari lagu burung akan berada di master

KELUARAN TOGEL

Blogroll